Featured Post

Berterima Kasih Atas Segala Hal

Seorang anak kecil usia 4 tahun diminta untuk berterima kasih saat doa sebelum makan malam Natal. Para anggota keluarga menundukkan kepala...

Bersikaplah lembut dan penuh empati

Saya mempunyai tiga harta benda. Jagalah dan pertahankan mereka: yang pertama adalah empati; yang kedua adalah hemat; yang ketiga adalah menghindari untuk menjadi yang pertama di dunia.

Empati bagi seorang manusia akan memberikan keberanian untuk menjalani kehidupan yang aman.

Hemat berarti sumber seseorang tidak akan pernah kering.

Jika seseorang tidak berjuang untuk memperoleh tempat pertama, ia akan menemukan dirinya berada di tempat pertama.

Seseorang akan celaka jika meninggalkan kerendahan hati untuk menunjukkan kekuatannya, atau tidak berhemat untuk berfoya-foya, atau mengabaikan kemanusiaan ketika berupaya untuk menjadi yang pertama.


Ketika seseorang masih hidup, tubuhnya lembut dan elastis. Ketika ia mati, tubuhnya menjadi kaku dan keras. Ketika tanaman masih hidup, ia lemah dan halus. Ketika mati, ia menjadi kering dan rapuh.

Maka, keras dan kaku adalah cara untuk mati. Lembut dan fleksibel adalah cara untuk hidup.

Pasukan yang kuat dapat menjadi sumber kehancuran. Orang yang kuat sering kali mati dengan tidak wajar. Pohon besar mungkin ditebang karena kayunya.
Jika seseorang berani untuk menjadi berani, ia akan terbunuh. Jika seseorang berani untuk berhati-hati, ia akan selamat.

Ditekuk untuk menjadi lurus. Menjadi kosong agar menjadi penuh. Menyerah agar benar-benar selamat.

Senjata secara intrinsik adalah sarana kejahatan. Seorang jenderal yang baik hanya menggunakan perang sebagai pilihan terakhir. Ia akan berhenti begitu ia mencapai tujuannya. Ia tidak menjadi bangga karena apa yang ia lakukan. Meskipun jika ia memenangkan perang, ia tidak akan menikmati kemenangannya. Mereka yang menikmati kemenangan, menikmati pembunuhan. Ia yang suka membunuh, tidak akan pernah mencapai tujuannya di dunia.

No comments:

Post a Comment