Featured Post

Ulasan Eksegetis Bacaan Kitab Suci Minggu Biasa 24 A 2017

By A. Gianto on September, 2017 Jendela Alkitab, Mingguan Rekan-rekan yang budiman, Injil kembali berbicara mengenai pengampunan....

Santa Felisitas & Santa Perpetua - Peringatan Setiap 7 Maret

Santa Felisitas dan Perpetua dirayakan oleh gereja pada setiap tanggal 7 maret.

Santa Felisitas 
Felisitas adalah pelayan dan juga sahabat dari Santa. Perpetua. Ia ditangkap pada masa penganiayaan Septimus Severus bersama dengan Santa. Perpetua, Santo. Revocatus, Santo. Saturus, Santo. Saturninus, dan Santo. Secundulus. Ketika ditangkap ia sedang mengandung dan berdasarkan hukum yang berlaku, ia tidak dapat dihukum mati sampai degan melahirkan. Dua hari sebelum Santa Perpetua dan tahanan Kristen lainnya dihukum mati, Felisitas melahirkan seorang puteri dan ia dapat begabung dengan Santa. Perpetua menerima mahkota kemartiran pada perayaan ulang tahun Kaisar Geta. Felisitas meninggal dunia sebagai martir pada 7 Maret 203 di Kartago, Afrika Utara.



Santa. Perpetua
Vibia Perpetua adalah puteri seorang bangsawan Pagan dengan seorang Kristen. Ia diketahui telah menikah dan memiliki seorang putera. Saat terjadi penganiayaan terhadap umat Kristen oleh Septimus Severus, Perpetua yang masih seorang katekumen ditangkap bersama dengan Santa. Felisitas, pelayan serta sahabat Perpetua. Bersama mereka juga ditahan, Santo. Revocatus, Santo. Saturus, Sto. Saturninus, dan Santo. Secundulus. Sebelum dipejara mereka sempat dibaptis terlebih dahulu. Di dalam penjara sampai ketika diadili, ayah Perpetua selalu membujuk Perpetua untuk meninggalkan imannya, tetapi hal ini selalu ditolak oleh Perpetua. Sebelum menjadi martir, Perpetua menerima penglihatan akan ia dan umat Kristen lainnya berjalan menuju surga. Pada perayaan ulang tahun Kaisar Geta, Perpetua dan bersama dengan Santa. Felisitas, Santo. Revocatus, Santo. Saturus, dan Santo. Saturninus, dihukum untuk bertarung melawan binatang-binatang buas. Perpetua meninggal dunia sebagai martir pada 7 Maret 203 di Kartago, Afrika Utara.

No comments:

Post a Comment