Featured Post

Berterima Kasih Atas Segala Hal

Seorang anak kecil usia 4 tahun diminta untuk berterima kasih saat doa sebelum makan malam Natal. Para anggota keluarga menundukkan kepala...

Minggu Adven II A - 9 Des 2007

Halo,

Bacaan Pertama Minggu Adven II/A - 9 Des 2007 (Yes 11:1-10)

APA YANG DAPAT KITA HARAPKAN?
Rekan-rekan sekalian! Nada berharap amat ditonjolkan dalam bacaan pertama Minggu Adven II/A, Yes 11:1-10. Di situ dinubuatkan kedatangan Raja Damai keturunan Isai (ayah raja Daud; leluhur Yesus juga; lihat Mat 1:5-6 Luk 3:32). Raja ini akan memperoleh kebijaksanaan (Yes 11:1-2) guna menegakkan keadilan (ay. 3-5) dan merukunkan mereka yang tadinya saling bermusuhan (ay. 6-9) dan dengan demikian ia menjadi pangkal harapan orang banyak (ay. 10).

KEADAAN POLITIK
Pada abad 8 sebelum Masehi pengaruh militer adikuasa Asiria amat dirasakan di utara. Asiria berebut pengaruh dengan negeri adikuasa lain, yakni Mesir, di wilayah yang terjepit di antara keduanya yakni negeri Israel di utara dan Yehuda di selatan. Tentu saja di utara kehadiran militer Asiria lebih terasa. Penguasa kerjaan utara (pusatnya di Samaria) berupaya tidak terlalu berada di bawah pengaruh militer Asiria antara lain dengan bersekutu degan kerajaan selatan (Yehuda, pusatnya di Yerusalem), dan juga negeri adikuasa Mesir. Gerakan ini malah membuat Asiria semakin memperkuat pengaruhnya di utara dan akhirnya menganeksi seluruh wilayah itu setelah merebut Samaria pada tahun 722 dan mendeportasikan penduduknya ke wilayah-wilayah lain yang sudah dikuasai. Demikian punahlah kerajaan utara. Keadaan ini mengkhawatirkan orang di selatan. Yehuda memang segera menjadi semacam negeri satelit Asiria meski masih memiliki pemerintahan dan pertahanan sendiri. Keadaan seperti telur di ujung tanduk ini menimbulkan kekhawatiran jangan-jangan nanti mereka mengalami nasib seperti kerajaan utara. Di dalam negeri sendiri ada pendapat macam-macam dan bahkan pertentangan. Dalam keadaan ini tampillah di Yesaya bin Amos, seorang intelektual yang dekat kalangan raja di Yerusalem. Ia berusaha membesarkan hati dan tidak membiarkan orang hidup dalam kekhawatiran melulu dan tubruk sana tubruk sini, kendati ia sendiri tentu sadar ancaman dari Asiria itu amat nyata. Dihidupkannya harapan akan seorang pemimpin yang bijaksana dari kalangan istana yang dapat memberi rasa aman kepada penduduk. Dan bagian yang dibacakan kali ini, Yes 11:1-10, ialah salah satu hasil karyanya yang paling memberi semangat dan harapan.

TEMPAT KEPEMIMPINAN
Dalam keadaan tak menentu dan terancam, beberapa pihak malah mengail di air keruh. Mereka mengeruk untung sebesarnya-besarnya bagi diri dan pihak sendiri mumpung ada kesempatan. Telah terjadi di utara sebelum direbut seluruhnya oleh Asiria. Dan kini keadaan serupa ada di Yerusalem dan wilayah Yehuda umumnya. Akibatnya terjadi ketimpangan sosial, perlakuan tak adil, pemerasan. Seolah-olah permusuhan sudah jadi andaian yang tak terelakkan dalam hidup bersama. Tak ada lagi kesetujuan bersama untuk menumbuhkan keadaban. Masyarakat tak bisa melepaskan diri dari keadaan ini tanpa pemimpin yang terampil dan bisa mengarahkan kembali kekuatan-kekuatan dalam masyarakat. Dalam etos Perjanjian Lama, keadaan seperti itu hanyalah bisa diatasi oleh pemimpin yang memiliki kebijaksanaan. Hanya dialah yang bakal mampu membuat yang sungsang menjadi yang lurus ke depan. Ia dapat menyatukan kekuatan-kekuatan yang saling berlawanan. Ia juga membuat orang merasa aman, lepas dari ketakmenentuan. Inilah pemimpin yang diharapkan datang. Dalam bahasa puitis digambarkan dalam Yes 11:6-8 bagaimana pihak-pihak yang tadinya tak bisa ada bersama akan dapat hidup rukun satu dengan yang lain: serigala dan domba, macan tutul dan kambing akan tinggal bersama, lembu dan beruang anak lembu dan anak singa, bayi dan ular tedung, kanak-kanak bermain dengan ular berbisa. Ada yang lebih daripada sekadar kebersamaan belaka. Bila dikatakan beruang akan makan rumput dan singa makan jerami, artinya kaum pemangsa akan menanggalkan kebiasaan memangsa dan akan hidup dengan cara sama seperti mereka yang tadinya jadi korban. Pertobatan? Ya. Dan bila demikian akan sama dengan yang dicanangkan Yohanes Pembaptis dalam bacaan Injil nanti.Itulah yang bakal terjadi di tempat hadirnya Yang Maha Kuasa. Di tempat suci itu kekerasan yang menghancurkan berubah menjadi kekuatan yang melanggengkan kehidupan. Ini daya dan kebesaran Tuhan yang diperkenalkan Yesaya (ayat 9). Dan Dia Yang Berkuasa itu akan berkenan kepada seorang dari antara keturunan raja dan membuatnya menjadi pemimpin yang mereka dambakan itu. Dia itu tunas dari tunggal Isai (ayat 1), ia itu taruk yang tumbuh dari pokok yang sama (ayat 10). Akan bermanfaat mendalami sepasang kiasan "tunas dan taruk" didalami. Tunas tumbuh ke atas, bersemi menjadi dahan kuat dan akan menjadi pohon rindang dan berbuah. Taruk tumbuh ke bawah menjadi akar yang menunjang pohon. Dengan demikian pohon akan kekar. Itu kiasan bagi pemimpin yang diharap-harapkan. Kiasan ini juga memungkinkan gambaran pemimpin yang kukuh berakar di tanah, di kalangan masyarakat tapi juga yang menjadi tempat bernaung Dan dalam khazanah sastra Perjanjian Lama pohon yang rindang dan yang berakar kuat menjadi gambaran akan berkat dan perkenan ilahi. Sekaligus diharapkan agar pemegang kekuatan ini sadar akan asal serta tanggung jawab yang menyertai anugerah itu.

BERNALAR MENGATASI KETAKUTAN
Bagi orang yang percaya, kehadiran ilahi cukup untuk menyingkirkan kekuatan jahat. Di mana Yang Ilahi berada, di situ yang jahat akan tersingkir. Namun ada satu hal yang mesti juga ada. Mesti ada orang yang bertindak dalam kepercayaan dan keyakinan ini. Mesti ada orang yang mengujudkannya bagi kebutuhan saat itu. Ini arti kehadiran Yang Ilahi di tengah manusia. Bukan utopi. Tapi nyata dan memberikan ruang gerak dan keikutsertaan bagi manusia. Mengenali kehadirannya yang demikian ini membuat orang makin bijaksana. Dan kepemimpinan orang ini akan membawa keluar orang banyak dari kendala dan krisis serta ketidakpastian serta ketakutan. Pemimpin seperti ini dekat pada Yang Ilahi dan berpikir dalam ukuran-ukuran Dia, ia itu bisa diharapkan. Ia punya kredibilitas.Nabi seperti Yesaya melihat keadaan zaman dan gelagatnya dan mulai berpikir dalam ukuran-ukuran orang yang percaya akan kebesaran ilahi. Ia tidak tubruk sana tabrak sini. Ia mengajak orang tenang dan melihat pelbagai alternatif. Inilah kepemimpinan kaum intelektual yang bisa dikembangkan. Ini juga cara bertindak yang memberi arti kongkrit pada apa itu percaya dan apa itu beriman. Nanti Yohanes Pembaptis juga ke sana, ia mengajak orang melihat keadaan kini untuk memahami keadaan zaman.

KARUNIA ROH BAGI PEMIMPIN
Petikan kali ini tidak mengajarkan agar tiap orang berharap memiliki semangat kepemimpinan. Bubrah bila semua orang memimpin. Juga tidak pada tempatnya semua orang mengharapkan diri jadi orang bijak. Ini tidak bisa terjadi dan malah membuat orang berebut kebijaksanaan Yang diajarkan dalam teks Yesaya ialah mencermati apakah orang yang diharapkan memimpin mengembangkan karunia itu. Orang banyak bisa mengatakan ini lho pemimpin yang kita maui. Kembangkan keterampilan ke sana. Dalam teks Yesaya asli disebut tiga pasang karunia. Pertama yakni "hikmat" (yang bisa membuat yang bersangkutan membawa diri di muka orang banyak dan terampil memecahkan perkara-perkara) dan "pengertian" (pemahaman seluk beluk perkara-perkara kehidupan, bukan hanya yang kelihatan belaka). Kedua, "nasihat" (yang membuat orang yang bersangkutan mahir merencanakan tindakan ke sebuah tujuan) dan "keperkasaan" (yang memungkinkan tercapainya tujuan tadi). Ketiga yakni "pengetahuan" (yakni kemampuan bernalar) dan "takut akan Tuhan" (yakni sikap beriman, takwa kepadaNya). Itulah gambaran ideal seorang yang bakal memimpin. Berarti diharapkan agar siapa saja yang memegang tugas kepemimpinan mengembangkan karunia itu. Niscaya akan disukai dan didukung rakyat, dan dapat mencapai program politik dengan integritas orang yang percaya. Catatan. Dalam teks Yunani dan Latin petikan ini sebelum yang terakhir ada tambahan karunia "kesalehan". Demikian ada tujuh karunia yang lazim diajarkan dalam pelajaran agama/katekismus dalam Gereja Katolik. Ini ajaran untuk mengusahakan sikap kepemimpinan di masyarakat menjadi kekuatan pribadi masing-masing orang untuk mengarahkan diri mengenali kehadiran Yang Ilahi dalam kehidupan.Injil hari Minggu Adven II/A (Mat 3:1-12) akan memperdengarkan bagaimana Yohanes Pembaptis tampil mengumumkan kedatangan Kerajaan Surga dan menyerukan agar orang mulai berpikir dan berubah haluan. Inilah kepenuhan harapan dalam nubuat Yesaya tadi dalam pengertian pengikut-pengikut pertama Yesus. ==========================================================

Injil Minggu Adven II/A:
MENYELARASKAN LANGKAH (Mat 3:1-12)
Dalam Mat 3:1-12 dikisahkan Yohanes Pembaptis tampil mengumumkan kedatangan Kerajaan Surga dan menyerukan agar orang bertobat. Dalam bahasa sekarang, seruan ini sama ajakan untuk memahami apa yang sedang terjadi dalam diri kita dan dunia sekitar. Nada penuh berharap dalam bacaan pertama, Yes 11:1-10, dapat membantu memahami warta tadi. Di situ dinubuatkan kedatangan Raja Damai keturunan Isai (ayah raja Daud; leluhur Yesus juga. Lihat Mat 1:5-6 Luk 3:32). Raja itu akan memperoleh kebijaksanaan (Yes 11: 1-2) untuk menegakkan keadilan (ay. 3-5) dan merukunkan mereka yang biasanya saling bermusuhan (ay. 6-9) dan dengan demikian ia menjadi pangkal harapan orang banyak (ay. 10).

TELAH DIUMUMKAN JAUH-JAUH HARI
GUS: Matt, selamat datang! Langsung tanya, dari mana kauperoleh bahan mengenai Yohanes Pembaptis itu?
MATT: Dari diktat Mark - eh, bagi kalian Injil Santo Markus. Tapi kuolah kembali. Kuperjelas dengan bahan tambahan dari sumber lain, misalnya kata-kata Yohanes Pembaptis sendiri dalam ay. 2: "Bertobatlah, sebab Kerajaan Surga sudah dekat!" yang tak dituliskan Mark. Ia mengatakan Yohanes memberitakan baptisan tobat untuk pengampuan dosa (Mrk 1:4) tanpa menyebut Kerajaan Surga sudah dekat, yang dikatakan oleh Yesus sendiri (Mrk 1:15, "Kerajaan Allah"; dibicarakan di bawah).
GUS: Ajakan Yohanes Pembaptis kok sama dengan yang diucapkan Yesus yang juga kautulis dalam Mat 4:17, sejajar dengan Mrk 1:15 tadi.
MATT: Kontinuitas, kawan, kontinuitas itu wajar! Orang hidup bukan asal ganti panutan. Warta Yesus itu melanjutkan dan melaksanakan hal-hal yang sudah disampaikan pendahulunya. Akan kita lihat nanti Yesus mengajar orang zamannya agar sampai pada inti Taurat, yakni ajaran-ajaran sudah jadi menjadi pegangan hidup turun-temurun. Ia mengajak orang merasukinya dan tidak tinggal di luar-luarnya.
GUS: Eh, kita kan bicara mengenai Yohanes Pembaptis dan belum tentang Yesus.
MATT: Yohanes Pembaptis kutampilkan sebagai sebagai suara yang berseru di padang gurun agar disiapkan jalan yang rata bagi dia yang akan datang itu (Yes 40:3). Yang sedang dinanti-nantikan itu akan datang dan memimpin kembali orang-orang ke dalam Kerajaan Surga lewat jalan yang rata tadi. Malah Mark menyisipkan nubuat yang sebenarnya berasal dari Maleakhi 3:1 "Lihatlah, aku menyuruh utusanKu mendahuluimu...." Utusan itu ialah Yohanes.
GUS: Banyak ahli mengatakan, kau tidak ikut mengutip ayat itu dengan alasan mau merapikan tulisan Mark yang menggabungkan ayat Maleakhi tadi bersama dengan kutipan dari Yesaya.
MATT: Coba tanya Luc saja deh, dia kan juga tidak mengutip Maleakhi (Luk 3:4-6).
GUS: Tapi Luc mengutip lebih, yakni Yes 40:3-5, bukan hanya ay. 3 seperti kamu.
MATT: Ia menulis bagi orang-orang yang tidak amat mengenal tulisan para nabi. Jadi kutipan itu diperluasnya supaya konteksnya jelas. Tetapi pembacaku dulu sudah cukup tahu Kitab Suci dan tak butuh diberi banyak-banyak. Yang penting mereka mengerti bahwa Yohanes datang dengan wibawa dari atas sana. Kalau ditengok kembali, memang sosok besar tidak tampil begitu saja, kata orang zaman sekarang, ada kredensialnya. Kedatangan Yesus dimaklumkan Yohanes Pembaptis. Dia sendiri diwartakan oleh Yesaya sang Nabi besar itu.

DISERTAI KEKUATAN-KEKUATAN DARI ATAS
GUS: Matt, mau tahu nih, sebetulnya, seruan dalam ayat-ayat Yesaya itu ditujukan kepada siapa?
MATT: Apa belum tahu?
GUS: Soalnya, dalam Yes 40:1-2 yang tidak ikut kaukutip, ada seruan Yang Mahakuasa kepada makhluk-makhluk ilahi agar mereka menghibur umatNya dan menyadarkan mereka bahwa hukuman mereka telah selesai. Apa bagimu ayat yang kauambil alih itu (Yes 40:3) masih juga menghimbau kekuatan-kekuatan itu agar menyiapkan jalan dan meluruskannya - bukan kepada manusia?
MATT: Tentu saja! Yohanes malah menggemakan seruan Yang Mahakuasa sendiri kepada kekuatan-kekuatan surgawi tadi. Yohanes akrab dengan mereka. Orang datang kepadanya minta dibaptis sebagai tanda bertobat dan agar disertai kekuatan-kekuatan tadi menemukan kembali jalan yang lurus.
GUS: Dalam kesempatan itu Yohanes juga mengatakan, akan datang orang "yang lebih berkuasa" dan yang akan membaptis dengan Roh Kudus dan api, tidak seperti dia yang membaptis dengan air. Penjelasannya?
MATT: Air membersihkan yang menempel di luar. Baptisan Yohanes melepaskan beban-beban rohani. Baptisan yang diberikan Yesus membuat orang bisa melangkah ringan, seperti dibawa Roh Kudus, dan membersihkannya sampai sedalam-dalamnya, seperti api memurnikan barang campuran. Ini arti baptisan dengan Roh Kudus dan api. Yohanes menambahkan, dia yang akan datang itu akan menyendirikan yang berisi Roh dari yang kosong, seperti orang menampi gandum dan memisahkannya dari sekam (ay. 12).
GUS: Ketika berkata bahwa ia tak layak "membawa kasutnya", apakah Yohanes mau merendah?
MATT: Gini, bagi orang Yahudi, "membawa kasut" atau tindakan yang sehubungan dengan itu, "membuka tali kasut" yang muncul dalam tulisan Mark, Luc dan Oom Hans (Mrk 1:7 Luk 3:16 Yoh 1:27) itu kiasan yang berasal dari praktik hukum adat bertindak sebagai orang "yang diberi kuasa" bila orang yang berwenang terhalang. Yohanes hendak mengatakan, dirinya tak layak menerima kuasa mewakili Yesus!
GUS: Bisa kuteruskan penjelasan ini ke umat? Membantu.
MATT: Kami dulu berusaha mengartikan perkara-perkara yang mereka alami serta merumuskannya dalam cara bicara orang yang kami layani. Memang penting mengartikan pengalaman dan merumuskannya kembali dengan bahasa yang bisa dimengerti. Jangan buat umat terombang-ambing pembicaraan ini atau itu.

KERAJAAN SURGA
Kata Yunani "basileia", yang biasa diterjemahkan sebagai "Kerajaan", dipakai untuk membicarakan wibawa seorang raja, termasuk juga orang-orang yang mengakui kuasanya, bukan hanya terbatas pada gagasan wilayah seperti bila kita berbicara mengenai "kerajaan Majapahit" misalnya. Istilah Inggris "kingdom" sebenarnya tidak amat tepat, banyak yang lebih suka memakai pengertian "reign". Tapi agar tidak memperumit perkaranya, kita pakai saja "Kerajaan Surga" dengan sekadar penjelasan.

GUS: Kembali ke pokok yang tadi sudah sedikit kita bicarakan. Yohanes berseru bahwa "Kerajaan Surga" sudah dekat (Mat 3:2). Injil lain lebih memakai "Kerajaan Allah". Kau menyebutnya Kerajaan Surga, untuk menghormat, begitukah?
MATT: Kalau mau dibilang menghormat boleh saja. Tapi ada yang lebih penting. Dengan mengatakan Kerajaan Surga, jadi lebih jelas bahwa kenyataan yang dimaksud itu bukan dari dunia sini. Orang tidak perlu mengimpikan bahwa sebentar lagi akan terwujud pemerintahan di bumi dengan Mesias dari Allah sebagai pucuk pimpinannya. Ini masalah kami dulu. Ada sementara pihak yang mengira Yesus akan mendirikan pemerintah baru lengkap dengan pasukannya segala. Apa di zaman kalian tak ada kecenderungan seperti itu?
GUS: Apa dampaknya bagi kehidupan yang di sini sekarang?
MATT: Ah, diskusikan soal itu dengan dosen teologi sosial, mereka lebih tahu daripada penulis Injil. Tapi kalau boleh kukatakan, justru karena tidak masuk dalam sistem dunia ini maka kehadiran Kerajaan tadi dapat menjadi arahan batin orang yang mau bekerja sama meluruskan bumi ini. Eh, tergoda aku oleh gagasan menyelaraskan langkah dengan yang di atas sana itu, mengarah sama dengan yang di arah yang di atas sana itu, gitu dah ibaratnya.
GUS: Lewat baptisan roh dan api dalam pengertian yang kaujelaskan di atas?
MATT: Tentu saja, asal tidak begitu saja diartikan menjadi membaptis orang! Tapi ah tak usah kucampuri urusan pengaturan agama. Injil kan sumber inspirasi.

TUMBUH DAN BERBUAH
Masih sempat kami diskusikan kata-kata keras Yohanes Pembaptis terhadap orang Farisi dan orang Saduki yang datang minta ikut dibaptis (Mat 3:7-10). Kepala mereka seolah-olah diguyur air dingin supaya tidak mimpi bakal bisa lepas dari murka Tuhan kelak. Status keturunan Abraham bukan jaminan agar selamat. Yang perlu diusahakan, seperti ditegaskan sang Pembaptis (ay. 8) yakni, "...hasilkan buah-buah yang sesuai dengan pertobatan!" Kiasan menghasilkan buah itu amat dalam maknanya. Pertobatan saja belum cukup, meniatkan yang baik masih perlu tumbuh terus menjadi pohon, berbunga, mekar dan berbuah, tidak mandek, mandul, kopong dan mengering. Bila tak menghasilkan buah, pohonnya hanya akan dikapak sampai ke akar-akarnya dan dimusnahkan (ay. 10). Ini peringatan bagi mereka yang picik batinnya, yang tak punya kepedulian yang sungguh akan hadirnya Yang Ilahi. Mereka itu orang-orang yang tidak mau membiarkanNya datang merasuki batin serta menumbuhkan niat untuk berbuah.

Salam hangat,
A. Gianto

No comments:

Post a Comment