Featured Post

Berterima Kasih Atas Segala Hal

Seorang anak kecil usia 4 tahun diminta untuk berterima kasih saat doa sebelum makan malam Natal. Para anggota keluarga menundukkan kepala...

Sang Guru dan Orang Yang Menderita Memiliki 83 Masalah

Ada sebuah cerita lama tentang seorang pria yang datang untuk mengunjungi Sang Guru karena ia telah mendengar bahwa Sang Guru itu adalah guru yang hebat. 

Seperti halnya kita semua, dia memiliki beberapa masalah dalam hidupnya, dan dia pikir Sang Guru mungkin bisa membantunya mencarikan jalan keluar untuk semua masalahnya. 

Dia mengatakan kepada Sang Guru bahwa ia adalah seorang petani.
"Saya suka bertani," katanya, "Tapi kadang-kadang hujan yang turun tidak cukup, dan tanaman saya gagal panen. Tahun lalu kami hampir kelaparan. Dan kadang-kadang hujan terlalu banyak, sehingga hasil panen saya tidak seperti yang saya harapkan."

Sang Guru dengan sabar mendengarkan orang itu.

"Saya juga punya istri," kata pria itu. "Istri saya adalah orang yang baik ... Saya mencintainya. Tapi kadang-kadang dia terlalu banyak mengomel. Sehingga kadang-kadang saya bosan mendengarnya. "

Sang Guru mendengarkan dengan tenang.

"Saya juga punya anak," kata pria itu. "Anak-anak saya juga baik, ... tapi kadang-kadang mereka tidak menunjukkancukup rasa  hormat. Dan terkadang…"

Pria itu terus menerus melanjutkan ceritanya seperti itu, menceritakan semua kesulitan dan kekhawatirannya. Akhirnya dia berhenti sejenak dan menunggu Sang Guru mengatakan kata-kata yang akan menyelesaikan semuanya dengan tepat untuknya.

Tetapi sebaliknya, Sang Guru berkata, "Saya tidak bisa membantu Anda."

"Maksud Anda?" Kata pria itu, heran.

"Semua orang punya masalah," kata Sang Guru. "Bahkan, kita semua punya 83 masalah, kita semua masing-masing memiliki itu. 83 masalah, dan tidak ada yang dapat kita lakukan dengan masalah-masalah itu. Jika Anda bekerja sangat keras untuk menyelesaikan salah satu dari masalah itu, mungkin Anda dapat menyelesaikan/memperbaikinya - tetapi jika Anda melakukannya, satu masalah yang lain akan muncul untuk menggantikannya. Misalnya, Anda akan kehilangan orang yang Anda cintai suatu saat nanti. Dan Anda pun juga akan mati suatu hari nanti. Sekarang Anda punya masalah, dan tidak ada apapun yang bisa saya atau orang lain dapat lakukan tentang masalah itu."

Pria itu menjadi marah. "Saya pikir Anda adalah seorang guru besar!" teriaknya. "Saya pikir Anda bisa membantu saya! Apa gunanya pengajaran Anda, kalau begitu? "

Sang Guru berkata, "Yah, mungkin itu akan membantu Anda memiliki masalah yang ke-84."

"Masalah ke-84?" Kata pria itu. "Apa masalah yang ke-84?"

Kata Sang Guru, "Anda ingin tidak memiliki masalah apapun."

"Cerita dari Sang Guru" lainnya:

No comments:

Post a Comment