Featured Post

Berterima Kasih Atas Segala Hal

Seorang anak kecil usia 4 tahun diminta untuk berterima kasih saat doa sebelum makan malam Natal. Para anggota keluarga menundukkan kepala...

Santo Yohanes dari Damaskus - Diperingati Setiap 4 Desember

Lahir c. 676, Damaskus
Wafat 4 Desember 749, Mar Saba, Yerusalem
Dihormati di Gereja Katolik Roma, Gereja Ortodoks Timur, Gereja Lutheran, Gereja Katolik Timur
Hari peringatan 4 Desember
--o0o--

Santo Yohanes dari Damaskus (Bahasa Arab: يوحنا الدمشقي Yuḥannā Al Demashqi; Bahasa Yunani: Ιωάννης Δαμασκήνος/Iôannês Damaskênos; Bahasa Latin: Iohannes Damascenus atau Johannes Damascenus juga dikenal sebagai John Damascene, Χρυσορρόας/Chrysorrhoas, "mengalir dengan emas"—yaitu, "Sang Pembicara yang Keemasan") (c. 676 – 4 Desember 4 749) adalah seorang biarawan dan imam Gereja Katolik yang berasal dari Syria. Ia lahir dan dibesarkan di kota Damaskus dan meninggal (kemungkinan terbesarnya) di biaranya Mar Saba, sebelah tenggara kota Yerusalem.

Ia adalah seorang yang memiliki pengetahuan mendalam dalam banyak bidang. Bidang-bidang yang ia memiliki ketertarikan dan pernah memberikan kontribusi antara lain bidang hukum, teologi, filosofi dan musik. Ia adalah kepala administrasi penguasa Damaskus, menulis karya-karya yang menguraikan secara terperinci iman Kristiani, dan menggubah himne-himne yang masih digunakan secara umum di biara-biara Kristen Timur di seluruh dunia. Ia adalah seorang Doktor Gereja, seringkali dirujuk sebagai Doktor Pengangkatan Tubuh dan Jiwa atas dasar tulisan-tulisannya mengenai Maria Diangkat ke Surga.

Karya awal

Tiga "Risalah Apologetik menentang mereka yang mencela Gambar-gambar Suci"; Risalah-risalah ini adalah beberapa di antara penjelasan-penjelasan terperinci awalnya sebagai tanggapan atas maklumat Kaisar Byzantium Leo III yang melarang penyembahan atau pemajangan gambar-gambar suci.

Ajaran dan Karya Dogmatis

"Sumber Air Pengetahuan" atau "Sumber Air Kebijaksanaan", dibagi menjadi tiga bagian:
  • "Bab-bab Filosofis" (Kephalaia philosophika) – Umumnya dinamai 'Dialectic', sebagian besar membahas masalah logika, tujuan utamanya adalah untuk menyiapkan para pembaca supaya bisa mengerti lebih baik lagi dari isi buku ini.
  • "Mengenai Penyimpangan Terhadap Ajaran Gereja" (peri haireseon) – Bab terakhir bagian ini (Bab 101) membahas Penyimpangan Kaum Ishmael dari Ajaran Gereja. Berbeda dengan bab-bab sebelumnya yang membahas mengenai penyimpangan terhadap ajaran gereja yang biasanya hanya beberapa baris panjangnya, bab ini memakan tempat beberapa halaman dalam karya tulisnya ini. Dokumen ini menjadi salah satu karya tulis polemik Kristiani pertama menentang Islam, dan yang pertama ditulis oleh seorang yang beragama Ortodoks Yunani/Melkite.
  • "Sebuah Penjelasan Terperinci yang Tepat mengenai Iman Ortodoks" (Ekdosis akribes tes orthodoxou pisteos) – Bagian ketiga buku ini dikenal sebagai bagian yang paling penting dari John de Damascene, dan merupakan sebuah peninggalan Kristiani yang sangat berharga.
sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Yohanes_dari_Damaskus

No comments:

Post a Comment